Sejarah Singkat Hedge Fund

Article Index
Sejarah Singkat Hedge Fund
Page 2
Page 3
All Pages
Image Pernah dengar istilah hedge fund? mungkin anda seringkali mendengarnya namun banyak juga yang belum mengerti apa itu hedge fund dan bagaimana awal mulanya hedge fund ini mulai dikenal di dunia keuangan dan

Pernah dengar istilah hedge fund? mungkin anda seringkali mendengarnya namun banyak juga yang belum mengerti apa itu hedge fund dan bagaimana awal mulanya hedge fund ini mulai dikenal di dunia keuangan dan investasi.

Definisi
Hedge Fund bisa didefinisikan sebagai sebuah lembaga keuangan atau manajer investasi yang mengelola sebuah portofolio secara agresif yang menggunakan strategi investasi dengan kategori canggih seperti leveraged, posisi long, short, maupun derivatif baik dalam skala domestik maupun di pasar internasional dengan tujuan mendapatkan high return (jika dibandingkan dengan sebuah patokan tertentu).

Secara hukum, hedge fund biasanya berbantuk sebagai kerjasama investasi swasta yang terbuka bagi sejumlah investor dan membutuhkan investasi awal yang sangat besar. Investasi di hedge fund biasanya tidak likuid karena seringkali mereka mensyaratkan kepada investornya agar tidak menarik dana dalam waktu minimal satu tahun.

Father of Hedge Fund
Dia adalah Alfred Jones, lahir di Melbourne, Australia di tahun 1901 dari orangtua berkebangsaan Amerika. Ia pindah ke Amerika waktu kecil dan lulus dari Harvard pada 1923. Setelah lulus, ia menjadi diplomat diawal 1930-an dan ditempatkan di Berlin, Jerman. Ia menadapatkan PhD dalam bidang sosiologi dari Universitas Columbia dan bergabung sebagai staff editorial pada majalah Fortune diawal 1940-an.

Belum lama menulis artikel-artikel tentang tren investasi dikala itu untuk Fortune, pada 1948 Jones memutuskan untuk mencoba sendiri peruntungannya dalam mengelola keuangan. Ia berhasil mengumpulkan US100,000 (termasuk US$40,000 uangnya sendiri) dan berusaha membuat sebuah strategi dengan minimalisasi resiko sebagai patokan utama. Yang ia lakukan adalah memegang saham dengan posisi panjang dan melakukan short sell pada saham lainnya. Strategi investasi ini sampai saat ini masih digunakan. Jones juga menggunkan leveraged untuk memaksimalkan keuntungan.

Di tahun 1952, Jones merubah struktur instrumen investasi miliknya dari kerjasama umum menjadi kerjasama terbatas dan menambahkan insentif sebesar 20 persen sebagai kompensasi dari mitra kerja yang ada. Sebagai manager investasi pertama yang mengkombinasikan penggunaan short sell, leverage, berbagi resiko melalui metode kerjasana dengan investor lain dan sistem kompensasi berdasarkan kinerja investasi, Jones layak disebut sebagai 'Father of Hedge Fund'.


 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler