Faktor Fundamental Dibalik Harga Minyak

Article Index
Faktor Fundamental Dibalik Harga Minyak
OPEC
Resiko Politik
All Pages

Harga tertinggi harga minyak tahun ini berada dilevel $82 per barel yang diciptakan akhir Oktober lalu, menandai pemulihan sekitar 150% dari harga terendah di $32.40 yang disentuh Desember tahun lalu.

Harga minyak telah menurun tipis dibawah level $80 akhir-akhir ini, sekitar setengah dari rekor tertinggi yang diciptakan tahun lalu didekat $150 per barel.

Berikut ini adalah faktor utama bearish dan bullih di pasar minyak.

Pemulihan Permintaan Yang Lambat
Banyak pihak memprediksi, termasuk OPEC, International Energy Agency dan Departemen Informasi Energi, mengekspektasi tingkat permintaan bahan bakan akan meningkat tahun depan.

Namun tingkat pertumbuhan akan lambat, dibandingkan dengan kontraksi tajam dalam konsumsi bahan bakar yang disebabkan krisis keuangan. Permintaan untuk minyak OPEC diestimasi akan tetap rendah.

Persediaan
Lemahnya permintaan telah menghasilkan tingkat persediaan yang besar, yang menghasilkan struktur contango di pasar minyak, yang artinya minyak untuk kontrak yang lebih awal lebih murah daripada kontrak yang lebih panjang.

Meningkatnya persediaan secara khusus ditandai persediaan bahan bakar distilasi, yang termasuk bahan bakar diesel dan pemanas didalamnya, dan telah mencapai level tertinggi untuk 3 dekade terakhir.

Analis telah mengatakan bahwa musim dingin yang kuat kemungkinan tidak akan membuat persediaan distilasi kembali turun dibawah rata-rata.

Sebagai tambaha sudah meningginya penyimpanan bahan bakar didaratan, pelaku pasar telah memperhitungkan persediaan yang mengapung di lautan, dimana telah mengalami peningkatan sejak April lalu.

Perusahaan pengangkut minyak mengatakan bahwa volume produk minyak yang disimpan di laut telah meningkat lebih dari 90 juta barel.

Minyak ini disimpan di kapal tanker dibanding didaratan seiring dengan murahnya biaya pengangkutan dan struktur pasar, yang artinya mereka dapat mendapatkan keuntungan dari beli sekarang dan jual nanti.

Bahan bakar distilasi masih berada dalam contango yang dalam, dimana kontrak terkini lebih murah daripada kontrak yang lebih panjang, sedangkan contango di pasar futures minyak tidak sampai satu dolar.

OPEC
Dihadapkan pada naiknya persediaan dan lemahnya permintaan, diakhir tahun lalu OPEC mengatakan telah setuju untuk mengurangi suplai sebanyak 4.2 juta barel per hari dibandingkan dengan produksi September sebelumnya.

Tingkat disiplin produksi yang tinggi diawal tahun ini, tingkat pencapaian target produksi OPEC sebesar 80% dari persetujuan pengurangan suplai.

Sejak itu telah turun ke level 60%, menurut estimasi analis tetapi walaupun produksi telah naik secara informal, tidak ada perubahan resmi dari target produksi, menjadi salah satu periode terpanjang untuk stabilitas produksi OPEC.



 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler