Investasi Terbaik Warren Buffet

Article Index
Investasi Terbaik Warren Buffet
Page 2
Page 3
All Pages
Image Berinvestasi seperti Warren Buffet bisa dikategorikan sebgai seni atau ilmu pengetahuan. Daripada, sebagai studi hukum alam dan keinginan untuk jalur duniawi. Karena pria yang dijuluki sebagai 'Oracle of Omaha" ini telah membuktikan, membosankan tidak sebanding dengan tak menguntungkan. Investasinya kadang merefleksikan barang dan jasa yang paling basic, mulai dari produk-produk berorientasi konsumen seperti silet dan deterjen sampai minuman ringan dan asuransi

Berinvestasi seperti Warren Buffet bisa dikategorikan sebgai seni atau ilmu pengetahuan. Daripada, sebagai studi hukum alam dan keinginan untuk jalur duniawi. Karena pria yang dijuluki sebagai 'Oracle of Omaha" ini telah membuktikan, membosankan tidak sebanding dengan tak menguntungkan. Investasinya kadang merefleksikan barang dan jasa yang paling basic, mulai dari produk-produk berorientasi konsumen seperti silet dan deterjen sampai minuman ringan dan asuransi kendaraan.

Landasan strategi Buffet paling dasar adalah berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang ia yakini akan menyediakan nilai investasi jangka panjang, daripada berinvestasi dalam keisengan atau teknologi yang mungkin menguntungkan dalam jangka pendek tetapi tidak terlalu meyakinkan untuk masa yang lebih lama. Prinsip investasinya bisa dilihat dari quote terkenalnya: "Jauh lebih baik untuk membeli perusahaan yang menakjubkan di harga yang wajar daripada membeli perusahaan yang wajar di harga yang menakjubkan."

Memilih Investasi Dengan Nilai Jangka Panjang
Pada tahun 1987, Buffet menyatakan, dan menjadi terkenal, "Saya katakan kenapa saya suka bisnis rokok. Hanya berbiaya sen dollar untuk membuatnya. Jual dengan harga sedollar. Bersifat kecanduan. Dan ada loyalitas merk yang fantastis." Walaupun setelah beberapa lama ia akhirnya menyatakan bahwa industri tembakau dibebani oleh isi-isu yang membuatnya berubah opini, pernyataan ini merupakan rangkuman dari deskripsi Buffet tentang investasi sempurna.

Perusahaan induks Buffet, Berkshire Hathaway, memiliki portofolio yang mencakup dua anak perusahaan seperti Geico Auto Insurance dan Benjamin Moore & Co, dan jumlah yang signifikan dari saham-saham perusahaan yang diperdagangkan secara publik. Sebagai contoh, Berkshire Hathaway adalah pemegang saham terbesar dari Coca Cola dan Kraft Foods, sebuah merk yang terkenal diseluruh Amerika.

Walaupun investasi-investasi diatas memiliki profitabilitas tinggi, namun pilihan investasi Buffett yang terbaik adalah See's Candy dan Gillette. Keduanya terlihat sangat biasa bahwa mereka memiliki pangsa pasar dan kapasitasnya untuk mengumpulkan keuntungan dimana perusahaan lain hanya dapat bermimpi mengenai hal itu. Coba kita lihat lebih dalam.

Contoh Pertama: See's Candy - Model Bisnis Sempurna
Pada tahun 1972, Buffet membeli See's Candy dari keluarga See dengan harga US$25 juta. See telah didirikan sejak 1921, dan tokonya, didesain untuk terlihat bahwa mereka merupakan ciri khas warga desa di Amerika, dapat ditemukan hampir disemua wilayah Amerika juga dibanyak bandara. Pilihan mereka kalau bukan permen yang trendi atau ngejreng, perusahaan menawarkan produk berbagai tipe pelanggan yang tidak terlalu bergaya, juga tidak pernah ketinggalan fashion. Selama satu dekade, Buffet menginvestasikan US$32 juta tambahan kedalam bisnis ini. Sejak akuisisi tersebut, manufaktur konveksi dan ritel ini telah berubah menjadi bisnis dengan nilai US$1.35 milyar.


 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler