Bursa-Bursa Saham Terbesar Di Dunia

(MahadanaLearning) Menurut sebagian besar perkiraan, sekitar 630.000 perusahaan kini diperdagangkan secara publik di seluruh dunia. Pertumbuhan pasar saham global di luar Amerika Serikat dan Eropa merupakan alasan utama bahwa jumlah perusahaan publik terus berkembang. AS masih memiliki bursa saham terbesar di dunia, tapi banyak dari bursa terbesar sekarang berada di Asia, yang terus tumbuh dalam pengaruhnya di panggung dunia. Di bawah ini adalah gambaran dari beberapa bursa terbesar di dunia.

New York Stock Exchange
New York Stock Exchange (NYSE) merupakan bagian dari NYSE EURONEXT, yang kini memiliki bursa di AS dan Eropa. Diperkirakan bahwa bursa-nya yang mewakili sepertiga dari seluruh ekuitas yang diperdagangkan di dunia. NYSE terus menjadi salah satu bursa utama di dunia dan terbesar dalam hal hampir $10 triliun kapitalisasi pasar saham yang diwakilinya.

NYSE telah ada sejak 1792 dan diyakini bahwa Bank of New York, yang sekarang menjadi bagian dari Bank of New York Mellon, adalah saham pertama yang diperdagangkan. Dering bel NYSE pada awal dan akhir hari perdagangannya adalah kejadian yang biasa dilihat di media saat ini.

Bisnis telah berkembang sangat kompetitif dalam beberapa tahun terakhir. Dalam perilisan data baru-baru ini dengan Securities And Exchange Commission (SEC), bursa ini mencatat bahwa ia harus bersaing dalam listing ekuitas tunai, exchange traded fund (ETF), produk struktur, berjangka, opsi dan derivatif lainnya.

Tokyo Stock Exchange
Tokyo Stock Exchange (TSE) adalah bursa saham terbesar di Jepang dan juga nomor dua di belakang NYSE dengan lebih dari $3 triliun kapitalisasi pasar perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa ini. Penguatan mata uang yen merupakan bagian dari alasan di balik meningkatnya ukuran TSE. Sekitar 2.000 perusahaan terdaftar di TSE.

Bursa saham ini diperkirakan pertama kali dibuka pada tahun 1878 dan bermitra dengan bursa lain di seluruh dunia, seperti London Stock Exchange. Indeks Nikkei 225 merupakan salah satu indeks utama dan paling populer yang mewakili beberapa ratus perusahaan terbesar dan paling sukses di Jepang.

London Stock Exchange
London Stock Exchange (LSE) memenuhi syarat sebagai lima pasar saham teratas dunia, dengan sekitar $2,2 triliun dalam kapitalisasi pasar saham dari perusahaan yang terdaftar di bursa-nya. Pendirian diestimasi pada tahun 1801, atau hampir satu dekade setelah pembukaan NYSE.

LSE menganggap dirinya sebagai bursa global paling internasional, didasarkan pada kenyataan bahwa sekitar 3.000 perusahaan dari seluruh perdagangan dunia berada pada LSE dan bursa afiliasinya.

Hong Kong Stock Exchange
Hong Kong Stock Exchange adalah salah satu dari 10 bursa saham terbesar. Perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Hong Kong Stock Exchange mewakili hampir $2 triliun total kapitalisasi pasar. Sekitar 1.500 perusahaan yang terdaftar di bursa, yang tanggal pendiriannya hanya sebelum 1900, ketika pertama kali mulai operasi. Yang paling penting, bursa ini merupakan salah satu jalan utama bagi investor global untuk berinvestasi di Cina.

Shanghai Stock Exchange
Shanghai Stock Exchange adalah salah satu yang terbaru di dunia. Dibuka pada tahun 1990-an, dan 1.500 perusahaan pada perdagangan bursa-nya. Volume perdagangan terus meningkat, tetapi telah jatuh secara dramatis sejak 2008, yang menandai puncak dalam minat investasi di China.

Sebuah pembatasan utama adalah bahwa saham "A" dari perusahaan China hanya bisa dibeli oleh warga yang tinggal di China. Di Hong Kong memiliki saham "H" yang terbuka untuk investor global.

Penutup
Bursa yang juga layak disebutkan termasuk Nasdaq, yang juga berbasis di Amerika Serikat, Bombay Stock Exchange di India, Sao Paulo Stock Exchange di Brazil dan Australia Stock Exchange juga terus tumbuh dalam pengaruhnya di panggung dunia. Resesi global saat ini telah memperlambat kemajuan pasar negara berkembang, tetapi mereka diharapkan akan terus meraih pangsa pasar dalam beberapa dekade mendatang karena ekonomi mereka tumbuh dan perusahaan baru go public dan meningkatkan modal dalam melayani kelas konsumen yang tumbuh, dan terus menumbuhkan jaringan bursa di seluruh dunia.

 

 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler