PURCHASING MANAGERS INDEX

Data indikator ini dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) dengan periode bulanan dengan nama ISM Report on Business. ISM adalah kelompok nirlaba yang terdiri dari lebih 40,000 anggota yang berkecimpung dalam supply management dan profesi pembelian.

Data indikator ini dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) dengan periode bulanan dengan nama ISM Report on Business. ISM adalah kelompok nirlaba yang terdiri dari lebih 40,000 anggota yang berkecimpung dalam supply management dan profesi pembelian.

PMI adalah rata-rata dari lima 'sub-indikator', yang didapatkan dari survei terhadap lebih dari 400 manajer pembelian diseluruh negeri, dipilih berdasarkan letak geografis dan diversifikasi industri. Kelima sub-indeks tersebut adalah:

  • Production level (25%)
  • New Orders (dari konsumen) (30%)
  • Supplier Deliveries (datang tepat waktu atau tidak) (15%)
  • Investories (10%)
  • Employment level (20%)

Survei dilakukan dengan pertanyaan mengenai kondisi industri terhadap manajer pembelian. Jawaban hanya dalam tiga bentuk yaitu "better", "same", atau "worse". Figur PMI dapat berada dari 0 s/d 100). Contoh, jika PMI berada di level 50, hal ini dapat diartikan bahwa responden yang menjawab kondisi "better" jumlahnya sama dengan yang menjawab "worse".

PMI adalah sebuah ukuran sentimen yang penting, bukan hanya untuk manufaktur, tetapi juga bagi ekonomi secara keseluruhan. Walaupun sektor manufaktur Amerika bukan merupakan komponen yang besar dalam GDP, namun sektor ini masih merupakan sinyalemen dari dimulainya atau berakhirnya sebuah resesi. Karena itulah PMI sangat diamati oleh banyak pihak.

Level penting di indikator ini adalah 50. Diatas 50 berarti industri sedang ekspansi, sedangkan jika dibawah 50 berarti kontraksi. Jika sektor manufaktur ekspansi, ekonomi secara umum akan di klasifikasikan juga mengalami hal yang sama. Karena itulah indikator ini dianggap sebagai sebuah indikator yang baik untuk GDP yang akan datang.

Level lain yang perlu diperhatikan adalah 42. Jika indikator ini berada di atas 42, selama ini, dianggap tolok ukur untuk ekspansi ekonomi (GDP). Perbedaan antara 42 dan 50 adalah kekuatan dari ekspansi. Dan jika indikator ini berada dibawah 42, resesi mungkin hanya tinggal menunggu waktu.

Persentase perubahan pada indikator ini adalah suatu hal yang penting. Jika indikator ini berada di angka 51 (sedang ekspansi) namun pada bulan sebelumnya indikator berada di angka 56, hal ini bukanlah sesuatu yang disenangi oleh pasar.

PMI dianggap memiliki data aktual didalamnya dan juga sebagai elemen sentimen. Seperti Consumer Confidence Index, jawaban yang diberikan dalam survei bersifat subjektif.

Di mata The Fed, PMI adalah sebuah leading indicator. Komponen supplier deliveries merupakan bagian variabel dalam menghitung Conference Board's US Leading Index.

PMI adalah indikator yang terbentuk secara unik, tepat waktu dengan memiliki banyak pengaruh di Wall Street.

Ringkasan:
·    Tanggal Rilis    : Hari kerja pertama bulan berjalan
·    Waktu Rilis      : 10.00 AM (EST) / 22.00WIB
·    Dirilis oleh       : Institute for Supply Management (ISM)
·    Sumber           : http://www.ism.ws/ISMReport/

 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler