Chart Pattern: Head & Shoulders

Article Index
Chart Pattern: Head & Shoulders
Proses Pembentukan Pola
Penembusan Neckline
Target Harga
All Pages

Head & ShouldersPola head and shoulders adalah salah satu pola grafik yang bisa diandalkan dalam analisa teknikal. Dan seperti yang anda bayangkan dari namanya, pola ini berbentuk sebuah kepala dengan dua pundak.

Head and shoulders adalah pola reversal yang, ketika terbentuk, mengindikasikan bahwa harga akan bergerak berlawanan dengan tren yang terbentuk sebelumnya.

Ada dua bentuk utama dari pola head and shoulders ini. Top head and shoulders adalah sebuah sinyal teknikal bahwa harga siap untuk bergerak turun, ketika polanya lengkap dan terkonfirmasi, dan biasanya terbentuk di harga tertinggi dari sebuah tren naik. Bentuk kedua adalah bottom head and shoulders (atau biasa dikenal dengan istilah inverse head and shoulder karena bentuknya yang terbalik), yang mengindikasikan bahwa harga siap untuk bergerak naik dan biasanya terbentuk ketika terjadi tren turun.

Kedua bentuk pola head and shoulders tersebut memiliki konstruksi yang sama dimana didalamnya terdapat empat bagian utama. Bagian tersebut adalah dua pundak (shoulders), satu kepala (head) dan satu garis konfirmasi yang disebut neckline. Pola ini terkonfirmasi jika neckline berhasil dilewati, setelah pembentukan shoulders kedua.

Head & Shoulders

Head and shoulders merupakan sekumpulan peaks dan troughs. Peaks adalah kondisi dimana harga mencapai puncaknya dan memiliki kecenderungan untuk koreksi, sedangkan troughs adalah kondisi dimana harga berada dalam transisi setelah koreksi dan siap untuk naik kembali. Neckline akan menjadi level support dan resistance. Pola ini didasarkan pada analisa peak-and-trough nya Dow Theory. Sebagai contoh, sebuah tren naik dilihat sebagai sebuah periode dimana terjadinya kenaikan peaks dan trough yang berulang. Untuk tren turun kebalikannya, dimana peak dan trough semakin menurun. Pola head and shoulders mengilustrasikan melemahnya sebuah tren dimana ada kondisi pelemahan pada peaks dan troughs.



 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler