4 Faktor Pembentuk Tren Pasar

Article Index
4 Faktor Pembentuk Tren Pasar
Page 2
Page 3
All Pages

Tren adalah sesuatu yang memungkinkan trader dan investor untuk bisa mendapatkan keuntungan. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek, dalam pasar yang bergerak satu arah atau di kisaran terbatas, perubahan dari harga yang satu ke harga selanjutnya adalah yang menciptakan keuntungan atau kerugian

Tren adalah sesuatu yang memungkinkan trader dan investor untuk bisa mendapatkan keuntungan. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek, dalam pasar yang bergerak satu arah atau di kisaran terbatas, perubahan dari harga yang satu ke harga selanjutnya adalah yang menciptakan keuntungan atau kerugian.

Ada empat faktor utama yang akan menyebabkan fluktuasi tren jangka panjang ataupun jangka pendek. Faktor-faktor ini adalah pemerintah, transaksi internasional, spekulasi dan ekspektasi, dan penawaran dan permintaan.

Kekuatan Pasar Besar
Mempelajari bagaimana faktor-faktor besar ini membentuk tren untuk jangka panjang bisa memberikan gambaran mengenai tren tertentu yang sedang berkembang, mengapa tren terbentuk dan bagaimana tren dimasa yang akan datang bisa terjadi. Berikut ini adalah keempat faktor tersebut.
1. Pemerintah
Pemerintah memiliki pengaruh yang besar dalam pasar bebas. Kebijakan fiskal dan moneter memiliki efek yang signifikan dalam pasar keuangan. Dengan menaikkan dan menurunkan suku bunga pemerintah dan bank sentral bisa secara efektif memperlambat atau berusaha mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara. Ini dinamakan kebijakan moneter.
Jika pengeluaran pemerintah meningkat atau berkurang, ini dikenal dengan kebijakan fiskal, dan bisa digunakan untuk mengurangi pengangguran dan atau menstabilkan harga. Dengan menentukan tingkat suku bunga yang berlaku dan jumlah uang beredar di pasar, pemerintah bisa merubah seberapa besar aliran investasi kealam dan keluar negara.
2. Transaksi Internasional
Aliran dana antar negara berimbas pada kekuatan ekonomi sebuah negara dan mata uangnya. Semakin banyak uang yang meninggalkan sebuah negara, semakin lemah ekonomi dan mata uang negara tersebut. Negara yang memiliki ekspor lebih dominan, apakan barang dan jasar, secara terus menerus akan membawa uang kedalam negara mereka. Uang ini kemudian bisa diinvestasikan ualan dan bisa menstimulasi pasar keuangan didalam negara tersebut.
3. Spekulasi dan ekspektasi
Spekulasi dan ekspektasi adalah bagian tak terpisahkan dari sistem keuangan. Dimana konsumen, investor dan politisi yakin bahwa ekonomi kedepan dihasilkan dari apa yang dilakukan sekarang. Ekspektasi langkah dimasa yang akan datang tergantung dari tindakan saa ini dan membentuk baik tren saat ini dan masa yang akan darang. Indikator sentimen merupakan yang biasa digunakan untuk mengukur bagaimana kelompok-kelompok tertentu merasakan kondisi ekonomi saat ini.
Analisis dari indikator ini dan juga bentuk analisa fundamental dan teknikal lainnya bisa menciptakan sebuah bias atau ekspektasi dari tingkat harga yang akan datang dan arah tren.
4. Penawaran dan Permintaan
Penawaran dan permintaan untuk produk, mata uang dan investasi lainnya menciptakan dinamika tarik-dorong pada harga. Harga dan suku bunga berubah seiring dengan perubahan penawaran dan permintaan. Jika sesuatu pada permintaan dan penawaran mulai melemah, harga akan naik. Jika penawaran naik melebihi permintaan saat ini, harga akan turun. Jika penawaran relatif stabil, harga bisa berfluktuasi naik atan turun seiring dengan perubahan tingkat permintaan.



 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Terpopuler